Perangkat Penyimpanan Sekunder

Perangkat penyimpanan sekunder merupakan penyimpanan yang sanggup ditulis dan dibaca kembali. Perangkat penyimpanan sekunder sering disebut dengan memori eksternal atau penyimpanan eksternal (External Storage). Perangkat penyimpanan sekunder sanggup menyimpan data sampai 1 terabyte atau lebih. Namun,dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, kecepatan perangkat ini jauh di bawah memori utama.

Magnetic Disk
Terdiri dari platter atau piringan yang seakan-akan dengan piringan hitam, sebagai daerah meletakkan data. Berbeda dengan piringan hitam, pada magnetic disk data sanggup diambil dengan dua jalan, baik secara berurutan ataupun secara acak. Magnetic disk sanggup berisi puluhan bahkan platter yang siap menampung data kita. Beberapa media yang merupakan magnetic disk yaitu:
Perangkat penyimpanan sekunder merupakan penyimpanan yang sanggup ditulis dan dibaca kembali Perangkat Penyimpanan Sekunder

Floppy Disk
Yaitu penyimpanan yang berisi sebuah piringan magnetik dan dilapisi cangkang sebagai pelindungnya. Dimaksudkan untuk memudahkan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Ukuran yang pernah diproduksi yaitu 5,25 inchi berkapasitas antara 360-1,2 Mb, 3,5 inchi berkapasitas 720 Kb - 1,44 Mb. Untuk membantu meletakkan maupun membaca data dalam floppy disk yaitu Zip Disk yang sanggup menyimpan data dengan kapasitas 100 Mb- 600 Mb. Namun kini Floppy Disk sudah tidak digunakan lagi untuk memori eksternal.
Perangkat penyimpanan sekunder merupakan penyimpanan yang sanggup ditulis dan dibaca kembali Perangkat Penyimpanan Sekunder

Hard Disk
Sebuah subsistem dari komputer, tersusun oleh piringan magnetik yang dilapisi oleh casing yang besar lengan berkuasa yang akan melindunginya dari kemungkinan masuknya partikel luar yang sanggup mengganggu atau bahkan merusak lapisannya. Piringan-piringan ini terbuat dari metal, mengandung jutaan magnet kecil yang disebut Magnetic Domain.

Kapasitas hardisk telah mengalami peningkatan yang tajam dalam kurun waktu beberapa tahun ini, unutk ukuran pc saja telah tersedia hard disk dengan kapasitas ratusan teragbyte. Pabrikan yang membuatkan hard disk antara lain Seagate, Samsung, Maxtor, HP, dan IBM.

Magnetic tape: Terbuat dari materi magnetik yang dilapiskan di sepanjang pita tipis dengan lebar 0.5 inchi. Pembacaan dan penulisan data dilakukan secara berurutan oleh head. Seperti pada penggunaan perangkat casette re-corder.

Magnetik tape memiliki ukuran yang dinyatakan dengan istilah kepadatan pita, yang ukuran satuaannya dinyatakan dengan istilah BPI (Byte per Inchi) atau jumlah byte per inchi. Itu berarti dalam satu inchi, akan terkandung sejumlah n byte ruang. Sebuah magnetic tape sanggup memiliki data sebesar 66 GB, sehingga peranti ini cocok digunakan sebagai media backup file. Hal yang biasanya menjadi hambatan dalam pemanfaatan peranti ini yakni pada kecepatan putarnya yang menimbulkan pengaksesan data menjadi lambat. Namun, seiring berkembangnya teknologi hambatan tersebut telah sanggup di atasi.

Iklan Atas Artikel

t>

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel