Fixed Restan (Tahanan Tetap)

Fixed restan bentuknya kecil dan mempunyai gelang bervariasi. Gelang-gelang warna ini yaitu mengatakan besar dan kecilnya nilai tahanan arus di dalamnya. Warna-warna gelang tersebut sangat penting artinya bagi penggemar elektro dan harus diketahui.
Fixed restan umumnya berbentuk kecil dengan dua kaki pada kepingan dua ujungnya. Ia tidak mempunyai kutub negatif atau nyata sehingga pemasangannya boleh terbalik, asalkan nilainya sama dengan nilai yang tertera pada PCB.
Fixed restan terbuat dari materi arang sehingga arus yang ada dalam resistor tetap tidak sanggup diubah-ubah lagi. Bila nilai Ohm-nya tidak sesuai dengan arus yang masuk (lebih besar arus dari nilainya), maka komponen ini jadi terbakar dan tidak berfungsi lagi.

Agar tidak salah pemasangannya dalam PCB, maka Anda yang mulai meminati benda-benda elektro harus mengetahui simbolnya, menyerupai di bawah ini.

Sedangkan bentuk fisiknya yaitu sebagai berikut :
 bentuknya  kecil dan mempunyai gelang bervariasi Fixed Restan (Tahanan Tetap)


Selanjutnya Anda harus mengenali warna gelang yang ada pada fixed restan sebab hanya dari warna itulah nilai Ohm-nya sanggup ditentukan. Umumnya warna yang melingkari tubuhnya hanya ada tiga gelang dan sisanya biasanya berwarna keperakan atau keemasan.
Di bawah ini akan diuraikan nilai ohm suatu tahanan tetap (fixed restan) demi memudahkan penggemar pemula.
  • Warna hitam bernilai 0. Jika ia berada pada gelang pertama maka hanya dinilai satu nol.
  • Warna coklat dinilai satu (1). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai satu, maka di gelang ketiga bernilai 0 dengan daya tahan 1%.
  • Warna merah dinilai dua (2). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai dua, maka di gelang ketiga bernilai 00 dengan daya tahan 2%.
  • Warna jingga dinilai tiga (3). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai tiga, maka di gelang ketiga bernilai 000 dengan daya tahan 3%.
  • Warna kuning dinilai empat (4). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai empat, maka di gelang ketiga bernilai 0000 dengan daya tahan 4%.
  • Warna hijau dinilai lima (5). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai lima, maka di gelang ketiga bernilai 00000 dengan daya tahan 5%.
  • Warna biru dinilai enam (6). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai enam, maka di gelang ketiga bernilai 000000 dengan daya tahan 6%.
  • Warna ungu dinilai tujuh (7). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai tujuh, maka di gelang ketiga bernilai 0000000 dengan daya tahan 7%.
  • Warna abu-abu dinilai delapan (8). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai delapan. Tetapi pada gelang ketiga bernilai 1/100 dengan daya tahan 8%.
  • Warna putih dinilai sembilan (9). Jika berada pada gelang pertama dan kedua bernilai sembilan, maka di gelang ketiga bernilai 1/10 dengan daya tahan 5%.
  • Warna keemasan tidak bernilai. Tetapi ia mempunyai pada gelang ketiga yakni 1/10 dengan daya tahan 5%.
  • Warna keperakan pada gelang pertama dan kedua tidak bernilai. Tetapi jikalau warna tersebut di gelang ketiga maka bernilai 1/100 dengan daya tahan 10%.
  • Tidak berwarna pada gelang pertama, kedua dan ketiga tidak bernilai tetapi mempunyai daya tahan 20%.
Biasanya sesudah ketiga gelang, maka fixed restan diakhiri dengan gelang keempat. Gelang ini mengatakan polaritas suatu tahanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel