Ternyata Begini Cara Mengamankan Akun Di Internet Kita Dari Serangan Hacker

           lingkuphape.blogspot.com, kali ini saya akan membahas perihal bagaimana mengamankan akun internet dari serangan hacker. kasus hacking atau peretasan kini makin merajalela. Bahkan baru-baru ini (22/09/2016) Yahoo mengakui bahwaserver-nya diretas. Setidaknya ada 500 juta akun penggunanya yang dicuri. Kasus ini pun dianggap sebagai pembobolan terbesar di dunia yang diungkap secara terbuka.





Data-data pengguna yang bocor, antara lain nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, serta password yang terenkripsi. Namun, berdasarkan Yahoo pengguna tak perlu panik alasannya password yang ikut tercuri datanya masih terenkripsi. Alhasil, data menyerupai kartu kredit dan isu rekening bank tidak ikut tercuri. Lalu, bagaimana cara mengamankan akun internet kau dari serangan hacker? simak klarifikasi dibawah ini :

Cara Mengamankan Akun dari Serangan Hacker
Dilansir dari C-Net, berdasarkan Yahoo pembobolan itu ialah agresi yang disponsori oleh sebuah negara. Meski begitu, Yahoo tidak menyebut negara mana yang mendukung agresi tersebut. Berkaitan dengan peretasan ini, Yahoo hanya menyarankan penggunanya untuk mengganti password. Berikut 4 cara mengamankan akun Yahoo atau akun lainnya dari serangan hacker.

1. Ubah Password



Disebutkan bahwa peretasan atas Yahoo sebetulnya terjadi semenjak beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2014. Namun, gres terendus belakangan ini, yakni Agustus kemudian saat seorang kriminal cyber berjulukan "Peace" menjual data 200 juta pengguna Yahoo di dark web alias pasar gelap Internet.

Buat kau yang masih aktif memakai akun Yahoo bahkan untuk kepentingan bisnis, Yahoo menyarankan kepada penggunanya yang belum pernah mengubah password mereka semenjak tahun 2014, untuk segera mengubahnya dengan password yang lebih kuat.

2. Jangan Kamu Menggunakan Password Yahoo di Layanan Lain



Cara mengamankan akun Yahoo berikutnya ialah dengan tanyakan pada diri kau sendiri, apakah password Yahoo yang kau gunakan sama dengan password untuk layanan lain? Banyak pengguna yang memakai password sama untuk banyak akun yang berbeda padahal ini ialah inspirasi yang sangat buruk. Jika kau melaksanakan hal itu, maka segeralah ubah password di tiap akun layanan kamu. Satu lagi, jangan gunakan password yang sama di setiap akun kamu.

Para hacker yang mempunyai kata sandi kamu, sanggup dengan gampang mencobanya untuk sejumlah situs web yang berbeda dan mencoba mengakses isu di luar akun Yahoo kamu. Kamu harus lebih jeli dan hati-hati lagi dalam memakai layanan. Kemudian kalau ada layanan yang sudah tidak kau gunakan lagi, sebaiknya segera hapus akun usang kamu.

3. Gunakan Otentikasi Dua Langkah



Buat kau yang kehidupannya tak lepas dari kegiatan online, maka sangat direkomendasikan untuk memakai otentikasi dua langkah di setiap layanan yang kau gunakan. Hal itu memang cukup merepotkan, tapi keamanan ialah hal terpenting. Bisa dibilang otentikasi dua langkah ini ialah cara ampuh mengamankan akun Yahoo, Google, Facebook, Twitter, dan lainnya dari serangan hacker.

Otentikasi dua langkah ini melibatkan nomor telepon kamu. Di mana setiap kau akan masuk, selain membutuhkan password, kau juga membutuhkan aba-aba dari layanan yang dikirim melalui pesan ke nomor kamu. Dengan kata lain, meskipun alamat email atau user name dan password kau bocor, mereka tidak akan sanggup masuk alasannya membutuhkan aba-aba yang dikirim ke nomor telepon kamu.
4. Atur Otentikasi Dua Langkah di Semua Akun Kamu



Tentunya kau tidak sanggup tergantung dengan nomor telepon. Kaprikornus kau sanggup juga memakai opsi lain menyerupai memakai email atau sebuah aplikasi menyerupai Google Authenticator. Tidak semua layanan mengatakan opsi otentikasi dua langkah, layanan yang sudah memakai otentikasi dua langkah antara lain seperti, Facebook, Google, Twitter, Snapchat, Yahoo, LinkedIn, dan PayPal. Jadi, segera gunakan otentikasi dua langkah untuk masuk ke akun kamu.

Itulah cara mengamankan akun di Internet dari serangan hacker. Bagaimana pendapat kau perihal peretasan terbesar yang dialami Yahoo?

sumber : www.jalantikus.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel