Cara Mengatasi Hp Android Tidak Dapat Membaca Flashdisk Otg

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Membaca Flashdisk OTG - USB OTG, yaitu suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang mempunyai port USB menyerupai pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya menyerupai USB flashdrive, mouse, atau keyboard sanggup terpasang kepada mereka. Tidak menyerupai sistem USB konvensional, USB OTG sanggup bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Dalam penggunannya pada smarthone android, USB OTG atau Flashdisk OTG sanggup diartikan secara sederhana, yaitu alat yang berfungsi untuk menghubungkan smartphone android dengan flashdisk. Tujuannya yaitu biar data yang ada dalam flashdisk sanggup terbaca oleh android. 

Namun sayang, tidak semua perangkat android sanggup membaca flashdisk OTG. Hal ini disebabkan banyak hal, sanggup terjadi lantaran memang HP android anda tidak mendukung USB OTG atau format file system dari flasdisk anda tidak didukung oleh HP android anda.

Baca Juga : Cara Agar Android Bisa Bicara, Membaca Pesan dan Halaman Web

Kalau HP android anda memang tidak mendukung USB OTG, mau diapain juga tetap tidak akan sanggup membaca flashdisk OTG. Karena memang beberapa USB OTG tidak sanggup terbaca di brand HP android tertentu dan pada sistem operasi tertentu. Misal tidak terbca di HP android Lollipop, marsmellow, dan nougat atau tidak sanggup terbaca di beberapa brand HP, misal Mito, Advance dan Evercoss.

Nah kalau HP android anda sudah bisa terhubung dengan USB OTG, tapi masih tidak sanggup membaca data dalam flasdisk, ada kemungkinan HP android anda tidak mendukung File Sistem yang ada dalam flashdisk tersebut. Secara umum, OS Android tidak akan sanggup membaca flashdisk dengan file sistem NTFS dan exFAT. Untuk itu anda harus merubah dulu, file sistem flasdisk tersebut.


Ubah Format Flasdisk Agar Terbaca OTG Android

Cara yang pertama harus anda lakukan biar flasdisk terbaca di OTG android yaitu merubah format file sistem flashdisk anda. Untuk melaksanakan ini membutuhkan sumbangan komputera atau laptop. Silakan anda colokkan flashdisk ke komputer atau laptop lalu klik kanan pada flashdisk tersebut dan klik Format.

Baca Juga : Spesifikasi Vivo V9 Indonesia Terbaru, Lengkap Dengan Harga

PERHARIAN !!!
Jika flashdisk anda berisi data-data penting, silakan backup terlebih dahulu. Karena dengan melaksanakan formating, semua data dalam flashdisk akan terhapus.

Setelah klik format, maka akan muncul menyerupai gambar di bawah ini. Silakan pada file System anda pilih FAT32 (Default).
Setelah menentukan file system FAT32 (Default) silakan klik Start, tunggu beberapa ketika hingga ada pesan proses formating sudah selesai.

Sekarang silakan anda coba menghubungkan flasdisk anda pada USB OTG anda. Jika memang HP android anda suport USB OTG, maka kini HP android anda sudah sanggup membaca data dalam flashdisk. Anda sanggup mengcopy data dari flashdik ke HP android atau sebaliknya.

Baca Juga : Cara Cek Kuota Internet Semua Operator Seluler


Solusi Jika HP Android Tidak Suport USB OTG

Jika HP android anda tidak suport USB OTG, anda sanggup mencoba cara di bawah ini biar HP android anda sanggup terhubung dengan USB OTG.

  1. Install aplikasi USB OTG Helper yang sanggup anda dapatkan di Google Play Store.
  2. Anda juga harus menginstall aplikasi Es File Explorer yang sanggup anda dapatkan dengan gratis di Play Store. Aplikasi ini perlu anda install apabila perangkat eksternal yang ingin anda koneksikan berupa perangkat penyimpanan menyerupai flashdisk, hardisk dan sebagainya.
  3. Kemudian pasanglah kabel OTG ke HP android yang telah terpasang juga pada perangkat eksternal.
  4. Setelah itu akan ada pemberitahuan “USB Storage has been Connected”
  5. Jika anda mengoneksikannya pada perangkat penyimpanan, maka selanjutnya anda sanggup membuka aplikasi Es File Explorer yang telah di install tadi lalu masuk ke pilihan “Lokal” dan pilih “USB Drive A” maka ada sanggup melihat seluruh file yang tersimpan pada flashdisk atau hardisk anda.
  6. Bila yang anda sambungkan bukanlah perangkat penyimpanan, melainkan perangkat eksternal lainnya menyerupai joystick, mouse atau headphone biasanya akan terjadi kegagalan yang ditandai dengan tidak munculnya notifikasi pada status bar.
  7. Langkah penyelesaiannya yaitu anda sanggup mendownload dan install aplikasi Stickmount pada Google Play Store. Setelah itu buka aplikasi dan pilih opsi “Mount” yang selanjutnya diiringi dengan mencolokkan kabel OTG ke smartphone. Jika notif pada status kafe lalu muncul, maka anda sudah sanggup memulai memakai perangkat eksternal tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel