Cara Memperbaiki Android Error Sering Macet Dan Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Android Error Sering Macet dan Restart Sendiri - Salah satu problem android yang sangat menjengkelkan yaitu android sering macet. Misal ketika bermain game, android mendadak macet tidak dapat diapa-apakan. Berbagai upaya dilakukan supaya android kembali merespon tapi tidak membuahkan hasil, bahkan ketika di tekan tombol power baik sebentar maupun usang HP android tetap tidak merespon.

Ketika problem ini terjadi, apa yang anda laukan?
Hmmm.... cara yang paling gampang anda lakukan yaitu dengan cara mencabut baterai HP android anda, kemudian memasangnya dan menghidupkannya kembali. Dengan cara ini, untuk sementera problem HP android yang macet teratasi. Tapi, sesudah HP android anda gunakan dalam waktu beberapa saat, maka akan kembali macet. Hmmm.... benar-benar menjengkelkan.

Baca Juga : Cara Praktis Cek HP Asli atau Palsu

HP android error tidak hanya macet, ada juga HP android yang bolak-balik restar. Kondisi ini sering disebut juga dengan masalah bootloop. Tentu hal ini sangat menciptakan tidak nyaman. Oke, mari kita cari tahu penyebabnya dan cara memperbaiki android error jenis ini.

Penyebab HP Android Error Macet dan Cara Memperbaikinya

1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan
Semakin banyak aplikasi yang berjalan maka akan semakin besar daya yang digunakan, baik itu daya baterai maupun daya processor. Jika HP android anda bukan HP android yang super tangguh, maka ketika terlalu banyak aplikasi yang berjalan android akan mogok kerja (macet). Aplikasi ini terkadang berjalan tanpa kita sadari, dan sulit untuk mengontrolnya secara manual.

Cara Memperbaiki :
Saya rekomendasikan anda untuk memakai aplikasi auto killer, dengan proteksi aplikasi  ini maka setiap aplikasi yang sudah tidak dipakai akan di tutup secara otomatis. Dengan demikian maka daya HP android anda tidak akan terbuang percuma.

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang terinstal
Hmmm.... ini merupakan problem klasik, anda niscaya sering keluar masuk play store dan setiap ada aplikasi yang menciptakan ingin tau kemudian anda instal. Setelah menginstalnya, kemudian anda tidak mengevaluasi apakan aplikai tersebut diharapkan atau tidak dan tentunya anda akan mebiarkannya tertanam di HP android anda. Belum lagi ada beberapa aplikasi yang terinstal secara otomatis ketika anda secara tidak senagaja mengklik iklan yang muncul. 
Cara Memperbaiki :
Silakan anca cek koleksi aplikasi anda, silakan lakukan filter apakah semua aplikasi yang tertanam masih diharapkan atau tidak. Silakan anda hapus saja semua aplikasi yang tidak anda butuhkan. 

3. Tema launcher bermasalah
Mungkin anda yaitu salah satu pengguna android yang merasa tidak puas dengan tema bawaan android. Karena itu anda sering gonta-ganti tema launcher dengan menginstal laucher dari play store. Nah ada kalanya, beberapa launcerh ini bermasalah, terjadi crash sehingga android berhenti atau macet total.

Cara Memperbaiki :
Uninstal launcher yang sedang anda gunakan, dan kembalikan ke tema default (asli bawaan android).

4. Media penyimpanan atau memory penuh
Nah ini problem yang sering terjadi, anda kurang mengontrol ruang penyimpanan pada memori. Ketika memori penuh, maka akan besar lengan berkuasa pada kinerja android. Bisa menimbulkan hp android menjadi lemot atau bahkan menjadi macet.

Cara Memperbaki :
Silakan periksa memori anda, pastikan masih ada cukup ruang yang tersisa. Jika sudah merah alasannya penuh dengan data, silakan hapus beberapa data yang sudah tidak dibutuhkan. Anda juga dapat membuang data cache yang ada pada memori android.

Baca Juga : 10 Kode Rahasia Mengetahui Kerusakan HP Android Oppo

5. Data cache yang menumpuk
Nah ini yaitu kelanjutan dari problem nomor 4, yaitu adanya data cache yang menumpuk. Apa itu data cache? 

Yaitu data yang dihasilkan dari proses aplikasi. Bisa diaktakan data cache yaitu data sampah yang diakibatkan dari proses berjalnnya aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang sering berjalan, maka semakin data cache yang dihasilkan. Silakan bersihkan data cache pada memori anda.

Nah itulah cara memperbaiki android error macet dan restart sendiri, cara ini gampang dan terbukti ampuh untuk mengatasi problem error android. Saran saya lakukan perawaran dengan membuang data cache secara berkala, buang aplikasi yang tidak digunakan. Jika anda tidak dapat melakukannya secara manual, anda dapat memakai aplikasi auto cleaner.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel